Mahasiswa Teknik Sipil UNA Lolos Program Wirausaha Merdeka Kemendikbudristek Tahun 2022

KISARAN – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK) berkerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) membuka Program Wirausaha Merdeka. Wirausaha Merdeka adalah bagian dari program MBKM yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri menjadi calon entrepreneur melalui aktivitas di luar kelas. Melalui kegiatan Wirausaha Merdeka, mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk mengasah jiwa kewirausahaan, soft skills dan kemampuan manajerial, serta mendorong peningkatan pengalaman wirausaha mahasiswa dan peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa yang dapat diakui dan disetarakan dalam bentuk Satuan Kredit Semester (SKS).

Program wirausaha merdeka diikuti oleh beberapa perguruan tinggi Tinggi Penyelenggara. Institut Teknologi Bandung terpilih menjadi satu dari tujuh belas Perguruan Tinggi seluruh Indonesia yang mendapat kesempatan untuk dapat memfasilitasi mahasiswa seluruh Indonesia untuk belajar dan mengasah diri dalam ilmu kewirausahaan dan pengembangan bisnis.

Universitas Asahan melalui mahasiswa program Studi Teknik Sipil berhasil lolos mengikuti program wirausaha merdeka. Mahasiswa tersebut adalah Rifky Ahmad Fachrezy Aritonang yang saat ini menjalani kuliah pada semester 7. Rifky Ahmad Fachrezy Aritonang lolos program wirausaha merdeka dengan memilih program CoRE dengan penyelenggara Lembaga Pengembangan Inovasi Dan Kewirausahaan (LPIK) ITB. Pelaksanaan Program Wirausaha Merdeka sendiri akan dilaksanakan selama Bulan Agustus – Desember 2022.

Program CoRE ITB yang dirancang dan dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan, terdiri dari 4 (empat) rangkaian kegiatan yang berhubungan satu sama lain untuk menciptakan ekosistem kewirausahaan serta menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa Indonesia. Program CoRE (Co-Creation on Research of Entrepreneurship) bertujuan untuk menghubungkan teori inovasi dan kewirausahaan yang dimiliki oleh mahasiswa dari kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi dengan praktik yang disediakan. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat membantu mahasiswa dalam memperoleh keterampilan yang dapat diaplikasikan dalam pengembangan perusahaan rintisan. Rangkaian program yang diajukan adalah:

  1. ESC4PE: Entrepreneurship Summer Camp For Problem-Based Learning Education
  2. Business Idea Generation
  3. Entrepreneurship Development Program
  4. Startup Business Incubation Program

Program CoRE ITB berdurasi dengan total 912 jam yang dapat dikonversi menjadi 20 SKS dalam program MBKM. Dalam perencanaan program CoRE ITB dapat diikuti dengan 3 (tiga) cara:

  1. Mahasiswa mengikuti seluruh rangkaian CoRE ITB selama 16 minggu dan dapat mengklaim 20 SKS
  2. Mahasiswa mengikuti sebagian kegiatan CoRE ITB, yaitu ESC4PE: Entrepreneurship Summer Camp for Problem-Based Learning Education – ITB dan Business Idea Generation (BIG) selama 4 minggu dan dapat mengklaim 5 SKS
  3. Mahasiswa mengikuti sebagian kegiatan CoRE ITB, yaitu Entrepreneurship Development Program dan Startup Business Incubation selama 12 minggu dan dapat mengklaim 15 SKS

Melalui program Wirausaha Merdeka, diharapkan mahasiswa yang memiliki minat dan potensi dalam kewirausahaan dapat terfasilitasi dengan baik serta mendapatkan dukungan berupa mentoring dan pendampingan dari para ahli dan praktisi wirausaha melalui Perguruan Tinggi pelaksana.

Bagikan ke media sosial Anda!