UNA Bekali Guru MGMP Biologi Manajemen Laboratorium dan Praktikum

KISARAN – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi  se- Kabupaten Asahan mendapatkan pelatihan manajemen laboratorium dan praktikum sederhana dari Universitas Asahan (UNA).

Kegiatan ini berlangsung di laboratorium Budidaya Perikanan Fakultas Pertanian UNA dan dilaksanakan selama 5 hari. Ikut serta dalam pelatihan tersebut sebanyak 52 orang guru  se-MGMP Biologi di Asahan.

Kacabdis Asahan-Batubara yang diwakili oleh ibu Ir. Nurhidayana MMA membuka kegiatan tersebut. Beliau berharap dengan pelatihan ini, dapat memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan dalam kepada guru-guru SMA pengajar mata pelajaran biologi dan kemampuannya dalam mengajar dapat semakin terasah dan terampil serta berdampak pula pada peningkatan kualitas siswa-siswi di sekolahnya masing-masing, khususnya dalam mata pelajaran biologi.

Kegiatan ini terjalin berkat kerjasama antara UNA dengan MGMP Biologi se-Kabupaten Asahan. Dalam kesempatan itu yang memberikan materi langsung rektor UNA Prof Dr Tri Harsono M.Si, dan dosen biologi FMIPA Unimed Drs Puji Prastowo M.Si.

Adapun, tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan para guru biologi nantinya bisa bertambah pengetahuan dan kompetensinya tentang tata kelola labolatorium yang benar baik mencakup desain, konsep, alat-alat, manajemen, keselamatan dan kompoten pada praktikum sederhana.

Peserta terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan-kegiatan selama pelatihan. Masing-masing peserta mengerjakan tugasnya dengan berbagai macam alat yang sudah tersedia dengan dibimbing instruktur dosen dan laboran. Selain berdiskusi antar sesama peserta, peserta juga diberikan arahan oleh instruktur pelatihan dalam mengerjakan tugas kelompoknya.

Melalui kegiatan dan kerjasama antara UNA dan MGMP Biologi se-Kabupaten Asahan ini juga diharapkan UNA sebagai perguruan tinggi dapat memberikan kontribusinya bagi guru terutama dalam menambah kompetensi guru biologi yang ada di Kabupaten Asahan dan Kab. Batubara. 

Bagikan ke media sosial Anda!