FKIP UNA BERIKAN PEMBEKALAN dan PELEPASAN MAGANG I dan II KEPADA 371 MAHASISWA

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Asahan (UNA) memberikan pembekalan program Magang 1 dan Magang 2 di Aula FKIP UNA, Sabtu (18/1/20).  Acara ini dihadiri Rektor UNA Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Tri Harsono, M.Si, Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan Sri Rahayu, S.Pd., M.Pd, Ketua LPPM UNA Dra. Hamidah Sidabalok, M.Hum, Dekan FKIP UNA Dr. Ely Ezir, MS, Wakil Dekan Bidang Akademik, Sri Rahmah Dewi Saragih, S.Pd., M.Pd, Wakil Dekan Bidang Administrasi dan Keuangan Lis Supiatman, S.Pd., M.Hum, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Drs. Dailami, M.Pd, Ketua LP2L Hanina, S.Psi., M.Psi serta semua Ketua Program studi FKIP UNA.

Dalam sambutannya Ketua LP2L Hanina, S.Psi., M.Psi mengatakan bahwa “magang adalah upaya pengembangan pengetahuan, pembentukan keterampilan, dan peneguhan sikap yang dilakukan melalui belajar dengan berbuat (learning by doing). Prinsip magang adalah pengenalan secara dini (early exposure) kepada mahasiswa calon guru dan bertahap”. Magang I bertujuan membangun landasan jati diri pendidik dan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan magang 2 bertujuan untuk memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran.

Program magang diikuti sebanyak 183 mahasiswa program magang 1 dan  188 mahasiswa program magang 2. Program magang 1 yang akan dilaksanakan pada tanggal 5-11 Februari 2020. Dan magang 2 dilaksanakan pada 5-18 Februari 2020. Yang akan diterjunkan ke 20 sekolah yang ada di 2 kabupaten kota dan 1 kota madya yakni Kabupaten Asahan, Batubara dan Kota Madya Tanjungbalai.

“Program Magang 1 terkait tentang pemantapan jati diri seorang pendidik. Sedangkan Magang 2 terkait tentang pengembangan perangkat pembelajaran dibawah bimbingan guru pamong,” katanya.

Dekan FKIP UNA Dr. Ely Ezir, MS dalam sambutannya beliau menyampaikan kepada seluruh peserta magang bahwa, rangkaian proses magang diawali dari pembekalan, sehingga semua peserta harus mengikuti pembekalan dengan baik. Selama mengikuti pembekalan peserta akan mendapatkan ilmu tentang persiapan magang baik narasumber dari pihak kampus untuk mendapatkan ilmu tentang wawasan persekolahan. Magang 1 dengan beban belajar 1 SKS mereka melakukan pengamatan atau observasi pembelajaran di dalam maupun di luar kelas,  sedangkan Magang 2 dengan beban belajar 1 SKS mereka akan melaksanakan dan bertindak sebagai pengajar di kelas dengan melalui pendampingan oleh Guru Pamong dan Dosen Pembimbing Lapangan. Pada kesempatan itu juga, Dekan FKIP berharap agar peserta dapat memaksimalkan peran dari berbagai skill, baik kedisiplinan (kehadiran) serta keterlibatannya di berbagai kegiatan sekolah (intra maupun extrakurikuler) karena setelah diserahkan ke pihak sekolah, peserta harus mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh sekolah.

“Kalian semua sekaligus menjadi DUTA FKIP UNA, membawa nama baik pribadi sekaligus membawa nama baik lembaga, sehingga Kami dari Fakultas berharap lakukan program magang dengan baik sejalan dengan visi UNA yaitu Menjadi Universitas yang Unggul bidang Pendidikan, eco–socio– environment dalam menghasilkan lulusan yang inovatif dan berkepribadian,” imbuh Dekan FKIP.

Rektor UNA Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara, menyatakan kegiatan Pembekalan dan Pelepasan Mahasiswa Magang ini merupakan kegiatan tahunan FKIP. Beliau berpesan, agar para mahasiswa magang ini melaksanakan tugas sebaik mungkin, menjaga nama baik pribadi dan lembaga, serta jangan malas berkonsultasi dengan dosen pembimbing lapangan, terutama jika menemui kendala.

Beliau juga berterima kasih kepada pihak sekolah mitra yang telah bekerja sama dengan UNA dalam menjalankan kegiatan magang ini. Beliau berharap kedepan tetap terjalin kerja sama yang baik dalam rangka mewujudkan calon guru yang kompeten dan profesional, demi tercapainya tujuan pendidikan. (HUMAS UNA).