KULIAH TAMU dan PERANCANGAN MoU 2019 FKIP UNA MENGHADIRKAN PROFESOR DARI UNIVERSITY KEBANGSAAN MALAYSIA

Ratusan peserta mengikuti  Kuliah Tamu bertema “Menangani Pengaruh Falsafah Pendidikan Barat Terhadap Sistem Pendidikan di Asia Tenggara” di Aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Asahan (UNA), Kisaran, Selasa (24/12). Kuliah Tamu ini sebagai pendeglasian kerjasama antara Universitas Asahan (UNA) dengan University Kebangsaan Malaysia (UKM).

 

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari kerjasama yang dirangkai dengan kuliah tamu. Peserta terdiri dari dosen IAIDU Asahan, Dosen STIHMA, Dosen STIE, Dosen STMIK Royal Kisaran, Guru MAN Kisaran, Guru SMA Negeri 1 Kisaran, Guru SMA Negeri 2 Kisaran, Guru SMP Negeri 6 Kisaran, Guru MTs Negeri Kisaran dan Seluruh Dosen Tetap Yayasan serta para mahasiswa UNA.

Sebagai Narasumber Prof. Dr. Maimun Aqsha Bin Abidin Lubis, Ph.D, Ed.D berasal dari University Kebangsaan Malaysia (UKM) dan bertindak sebagai moderator Nova Silaen, S.Pd, M.Pd, dosen Fakultas FKIP UNA.

Dekan FKIP UNA Dr. Ely Ezir, MS dalam sambutannya mengatakan, mengapresiasi terselenggaranya acara tersebut, menurutnya Kuliah Tamu dapat menjadi salah satu alternatif dalam memperluas wawasan keilmuan.

“Ini sangat luar biasa, saya ucapkan terima kasih kepada Prof. Dr. Maimun Aqsha Bin Abidin Lubis, Ph.D, Ed.D yang telah hadir dan memberikan materi sebagai tambahan wawasan, sebab dalam membangun wawasan keilmuan tidak cukup dari internal, tapi juga butuh tambahan wawasan dari luar” terangnya.

Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd diwakili Sekretaris Pengurus Yayasan UNA Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan permohonan maaf dari Ketua Pengurus Yayasan UNA yang tidak sempat hadir bersama kita disini karena sedang ada tugas di tempat lain dan terima kasih atas kehadiran narasumber dan semua pihak yang terkait dengan kegiatan kuliah tamu ini. Yayasan sepenuhnya mendukung setiap kegiatan baik itu berupa kerjasama dibidang riset, pendidikan maupun pertukaran dosen dan mahasiswa. Ini merupakan kesempatan yang sangat baik agar semakin terciptanya perancangan MoU antara kedua perguruan tinggi ini.

“Semoga acara ini dapat memperkuat  kolaborasi baik itu riset, pertukaran dosen, mahasiswa antar dua kampus,” ujarnya.

Ia juga berharap semoga kegiatan ini memberikan kontribusi yang nyata dalam meningkatkan skill dan ilmu pengetahuan pada abad ke-21 bagi dosen dan mahasiswa FKIP UNA.

Rektor UNA Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si mengatakan, zaman sekarang membutuhkan skill dan keahlian memadai. Zaman sekarang suka atau tidak suka, senang atau tidak senang kita harus menghadapi era
informasi industri saat ini,” ujarnya.

Soft skill seperti kemampuan berpikir kritis, kepemimpinan dan kemampuan memecahkan persoalan menjadi kemampuan dasar yang sangat penting.

Dapat dipahami bahwa melalui kuliah tamu ini dikatakannya sebagai salah satu cara untuk mencapai kemitraan strategis yang lebih dekat dan lebih kuat antara UNA dengan UKM dalam memperoleh perancangan MoU.

Ia berharap kepada mahasiswa agar dapat mengikuti kegiatan sampai selesai, sebab ilmu yang disampaikan sangat bermanfaat.

Kegiatan opening ceremony ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan penyerahan cindera mata kemudian dilanjutkan dengan foto bersama antara dosen dan narasumber dan panitia dengan narasumber serta seluruh Civitas Akademika UNA dengan bapak Narasumber.