LPPM UNA MENGADAKAN MONEV DAN SEMINAR HASIL PENELITIAN DOSEN PEMULA TAHUN 2019

KISARAN–Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Asahan (UNA) melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) serta Seminar Hasil Penelitian Dosen Pemula hibah DRPM Ristekdikti tahun 2019 yang di selenggarakan di Kampus Universitas Asahan, Jl. Jend. A. Yani Kisaran, Selasa (17/12).

Monev berlangsung satu hari dengan menghadirkan dua orang reviewer bersetifikat Nasional dari Universitas Muslim Nusantara (UMN) yakni Prof. Hj. Sri Sulistyawati, SH, M.Si, Ph.D dan Dr. Nelvitia Purba, SH, M.Hum.

Seminar ini dalam rangka membedah dan melakukan upaya pembelajaran bagi dosen yang belum pernah menang hibah dana penelitian, serta untuk meningkatkan produktivitas penelitian. Peningkatan kapasitas riset salah satunya melalui skema penelitian dosen pemula.

Dalam kegiatan tersebut para dosen pemula memaparkan hasil penelitiannya berupa artikel ilmiah, jurnal yang telah dipublikasikan, maupun publikasi pada prosiding seminar nasional atau internasional. Pemaparan tersebut disampaikan oleh ketua peneliti yang direview langsung oleh tim reviewer eksternal.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Asahan Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si dalam pembukaan acara tersebut. Beliau berharap kegiatan ini mampu memotivasi para dosen-dosen muda lainnya untuk melakukan penelitian dan di tahun berikutnya, UNA mendapatkan lebih banyak lagi judul penelitian yang diterima di Kemenristekdikti.

Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si menambahkan dalam upaya mencapai tujuan pendidikan tinggi, penelitian merupakan salah satu aspek penting yang harus dilakukan selain kegiatan belajar mengajar dan pengabdian masyarakat.

“Lanjutnya, ia berharap pada tahun 2020 status lembaga penelitian UNA dari kluster binaan naik menjadi kluster madya dan terus meningkatkan kualitas penelitian dosen sehingga bisa di publish di jurnal ilmiah nasional maupun internasional,” harapnya.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM)  Dra. Hamidah Sidabalok, M.Hum Mengatakan, salah satu bentuk pertanggungjawaban dari penelitian adalah mendiseminasikan hasil penelitian dalam forum ilmiah. Seminar Hasil penelitian Dosen Pemula yang diselenggarakan di Universitas Asahan juga merupakan salah satu bentuk tanggungjawab tersebut.

“Kami terus mendorong dan memotivasi serta memberi informasi soal proposal penelitian kepada dosen. Langkah ini bertujuan agar dosen bisa melakukan penelitian,” paparnya.

Prof. Hj. Sri Suliswaty, SH, M.Si, Ph.D, mengatakan, seorang dosen harus melakukan penelitian di bidang yang terkait, serta, mengabdi kepada masyarakat dengan menerapkan penelitian yang telah dilakukan.

Penelitian banyak memberi manfaat bagi dosen, termasuk sebagai sarana kredit point untuk individu maupun akreditasi. Bahkan bisa menjadi pendapatan tambahan bagi dosen. Hasil penelitian sebagai dasar bagi para dosen untuk naik pangkat. Termasuk mendorong kualitas secara kelembagaan dari segi akreditasi lembaga.

“Melalui penelitian tersebut, dosen juga menumbuhkan potensi diri mereka dengan memperkaya wahana keilmuan,” ujarnya.

Penelitian juga sebagai sarana refresing, punya kepuasan dan kebanggaan tersendiri bagi dosen maupun mahasiswa yang diajar.

Monev ini diikuti oleh 12 dosen yang terdiri dari 10 orang berasal dari Universitas Asahan dan 2 orang dari Politeknik Tanjungbalai sedangkan Seminar Hasil Penelitian Dosen Pemula diikuti 70 dosen tetap yayasan.

Diharapkan ke depan, kinerja penelitian Universitas Asahan semakin meningkat dan memberikan  pengaruh yang positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan serta penyelesaian permasalahan di masyarakat. (HUMAS UNA).