TIM MONEV BIDIKMISI LLDIKTI WILAYAH I SUMATERA UTARA KUNJUNGI UNIVERSITAS ASAHAN

KISARAN—Dalam rangka evaluasi pelaksanaan kegiatan pengawasan dan pengendalian serta pembinaan pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah I Sumatera Utara mengadakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) porgram bidikmisi di Kampus Universitas Asahan (UNA), Rabu (11/12).

Kegiatan tersebut dihadiri Tim Monev LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Salahuddin, SH (Ketua/Tim Ahli), Irawan Sukma (Anggota), Nelmi Dwi Kamila (Anggota).

Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Rapat Rektorat Universitas Asahan. Selain itu juga ikut mendampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaaan dan Alumni Ir. Ansoruddin Harahap, MP,  Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan Sri Rahayu, S.Pd, M.Pd, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan,  Kabag. Kemahasiswaan dan Staf.

Dalam monev ini untuk program beasiswa bidikmisi dilakukan dengan pembagian instrumen angket. Angket yang diberikan diisi oleh mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi atau perwakilan mahasiswa dari setiap fakultas. Dari hasil angket itulah akan dilihat sisi mana saja yang perlu dibenahi dan sisi mana yang ditingkatkan.

Dalam sambutannya Salahuddin, SH menyampaikan, bahwa kegiatan Monev ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi melalui pengisian kuesioner dan diskusi dengan pengelola dan penerima beasiswa serta mengetahui apakah program-program di Perguruan Tinggi Swasta berjalan sebagaimana yang direncanakan dan  sejauh mana kesuksesan pelaksanaan penyelenggaraan perguruan tinggi, sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai dalam kurun waktu tertentu apa hambatan yang terjadi dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaaan dan Alumni Ir. Ansoruddin Harahap, MP sudah siap untuk dilakukan Monev oleh LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara. Monev ini merupakan suatu masukan kepada UMA untuk menjadi kampus yang lebih baik lagi kedepannya baik di tingkat Daerah, Provinsi maupun Nasional.

“Saya mengharapkan Monev di kampus UNA berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang baik dari Tim Monev LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara, UNA tetap terus berbenah dan terus melakukan inovasi serta meningkatkan Mutu Tridharma Perguruan Tinggi,” ujarnya.

Ansoruddin Harahap juga minta kepada penerima beasiswa Bidikmisi Kemenristek RI agar meningkatkan cara pembelajarannya, jangan ada IPK-nya dibawah 3, pergunakan waktu itu dengan baik, disiplin, selalu belajar, tepat waktu menyelesaikan studinya.

Di akhir penilaian Salahuddin, SH (Ketua/Tim Ahli) menyampaikan hasil dari Monev di UNA sudah Baik dan mudah-mudahan kedepannya ditingkatkan lagi agar lebih bagus lagi.

Mirna Wulandari mahasiswa bidikmisi menyampaikan Beasiswa Bidikmisi merupakan bantuan kepada mahasiswa kurang mampu untuk dapat melanjutkan prestasi di jenjang perkuliahan.

“Tujuan bidikmisi ialah sejatinya education for all artinya untuk memfasilitasi calon mahasiswa yang berasal dari kalangan ekonomi menengah ke bawah yang berprestasi agar dapat menempuh pendidikan yang lebih tinggi,” tegas Mirna.

Monev ini ditutup dengan sesi foto bersama dengan para mahasiswa bidikmisi dan tim monev LLDIKTI.

(HUMAS UNA).TIM