UNIVERSITAS ASAHAN DUKUNG PENCARIAN BIBIT ATLET PANAHAN

KISARAN-Wakil Rektor Bidang Kemahasiswa dan Alumni Universitas Asahan (UNA) Ir. Ansoruddin Harahap, MP, membuka secara resmi kejuaraan panahan yang dilaksanakan oleh Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI) Kabupaten Asaha, di lapangan Sepakbola Universitas Asahan, Sabtu (16/11).

Ir. Ansoruddin Harahap, MP menjelaskan, UNA sangat mendukung dan siap memberikan fasilitas sarana untuk kegiatan pembinaan olahraga di Kabupaten Asahan sehingga akan lahirnya potensi dan atlet berprestasi dimasa yanga akan datang.

Kegiatan kejuaraan panahan ini diikuti hampir 200 peserta pelajar se-Kabupaten Asahan. meraka tampak antusias menunggu giliran dan mengamati jalannya pertandingan.

Ketua Pengkab PERPANI Kab. Asahan Armen Harahap mengatakan, kejuaraan ini pertama kali digelar pihaknya setelah cabang organisasi tersebut kembali aktif sejak dua tahun terakhir. iapun tak menyangka ratusan peserta bakal menyambut antusias kejuaraan itu yang didominasi oleh pelajar atlet pemula.

“Banyak yang antusias ikut main. kami akui memang untuk panahan di Asahan belakangan ini mulai ramai dimainkan khususnya disekolah-sekolah. Hanya saja kegiatan perlombaan yang seperti ini memang jarang ada”, katanya.

Meski hanya mempertandingkan kelas tradisional diikuti oleh atlet pemula, PERPANI menargetkan even ini bakal muncul bibit atlet yang bisa mengangkat olahraga panahan di Kab. Asahan ini sehingga menjadi salah satu cabang olahraga unggulan.

“Ini memang pertama kalinya kami buat, kalau sekarang memang sudah mulai ramai cabang-cabang panahan yang terbentuk disekolah-sekolah terutama di pesantren. Artinya kami berharap juga olahraga ini eksis ditingkat pelajar”, harapnya.

Ketua KONI Asahan Nurkarim Nehe hadir membuka acara ini. Senada, ia juga berharap tumbuhnya klub-klub panahan disekolah kedepan bukan tidak mungkin menjadi aktivitas yang masuk dalam kegiatan Ektrakokurikuler pada mata pelajaran olahraga.

“Melihat antusiasnya sekarang dan bila ini dioptimalkan menjadi olahraga wajib Ektrakokurikuler di sekolah, bukan tak mungkin lima tahun kedepan panahan jadi olahraga unggulan di Asahan”, ucapnya. Kejuaraan tersebut juga dipandu mantan atlet panahan dan wasit Nasional, Indra Gunawan Harahap.  (HUMAS UNA).

 

,