MAHASISWA UNA STUDI KAJIAN BUDAYA DAN ETIKA JURNALISTIK DI MEDAN

KISARAN —Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) Universitas Asahan (UNA) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) melakukan kegiatan Studi Wisata Akademis dalam mempersiapkan generasi cerdas berbahasa, berbudaya, serta kuat dalam membangun etika jurnalistik. Kegiatan itu berlangsung pada Sabtu (19/10).

Keberangkatan para mahasiswa itu didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKIP UNA, Drs. Dailami, M.Pd, dan Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PBSI FKIP UNA, Dicky Wahyudi Pratama. Dalam kegiatan itu beberapa tempat kebudayaan dan bersejarah dikunjungi mereka, mulai dari Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara yang berlokasi di Gedung Arca Medan, Istana Maimun, dan ke Perpustakaan Provinsi Sumatera Utara.

Dalam kegiatan itu, Ketua HMPS PBSI FKIP UNA, Dicky Wahyudi Pratama mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan pembelajaran bagi mahasiswa FKIP UNA dengan melihat kesenian, peninggalan sejarah, dan kebudayaan sehingga dapat lebih meningkatkan wawasan serta menambah ilmu pengetahuan.

“Ini merupakan kegiatan positif yang dilakukan pihak kampus, kegiatan ini merupakan modal penting bagi mahasiswa agar dapat pembelajaran positif bukan hanya didalam namun juga dapat dilakukan diluar kampus,”ujarnya

Lebih lanjut, Dicky juga menjelaskan bahwa kunjungan itu selain pembelajaran pengetahuan, mahasiswa juga diberi tugas untuk melakukan wawancara kepada pengunjung sebagai narasumbernya, agar masing-masing mahasiswa memahami materi jurnalistik.

“Ya selain itu, mahasiswa dituntut untuk memahami bagaimana cara untuk melakukan kegiatan jurnalistik, seperti pengunjung yang datang akan mereka wawancarai sehingga dapat menjadi pembelajaran bagi mereka, dan lebih memahami apa yang mereka lihat pada kunjungan tersebut,”tambah Dicky. (HUMAS UNA).