KOMUNITAS HIDROPONIK FP UNA BERSAMA DINAS PERTANIAN KAB ASAHAN TERAPKAN PEMANFAATAN PEKARANGAN SECARA HIDROPONIK KEPADA WARGA KELURAHAN TEGAL SARI

Komunitas Hidroponik Agroteknologi (KOHAGRO) Fakultas Pertanian Universitas Asahan (Faperta UNA), Surya Pradana (Mahasiswa FP Semester VII)  dibawah binaan bapak Deddy Wahyudin Purba M.Si bersama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Asahan diwakili oleh Siti Rubiyah, SP dan Petani Hidroponik sebagai motivator Juliadi melakukan sosialisasi pemanfaatan lahan pekarangan dengan sistem hidroponik bersama ibu ibu Tim PKK, di Kantor Lurah Tegal Sari Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan yang dibuka langsung oleh Lurah Tegal Sari  M. Ibnu Afandi S.STP.

Dalam acara yang diselenggarakan di Kantor Lurah Tegal Sari, Surya Pradana memperkenalkan kepada peserta tentang hidroponik dan cara tanam hidroponik sederhana. Cara menanam hidroponik yang diajarkan pada acara tersebut adalah sistem sumbu (wick) dimana larutan nutrisi ditempatkan di dasar wadah sehingga merendam akar tanaman atau sumbu. Bahan-bahan yang diperlukan ketika mempraktekkan cara menanam hidroponik kemarin tidaklah sulit karena dapat ditemui di lingkungan sekitar atau di toko yang menyediakan peralatan hidroponik seperti botol air mineral sebagai wadah untuk menanam, rockwool sebagai tempat menyemai benih di awal proses, sumbu, bibit dan nutrisi untuk tanaman, Peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan hidroponik ini “ kata surya pradana (17/10/2019).

Siti Rubiyah juga menjelaskan, kepada para peserta pelatihan hidroponik bahwasanya budidaya tanaman secara hidroponik ini dapat memberikan tambahan pendapat rumah tangga, hanya dengan memanfaatkan lahan yang semaksimal mungkin dan dapat membuat pekarangan rumah tangga menjadi asri dan nyaman dipandang.

Juliadi selaku petani hidroponik asal Aek Kuasan juga menyampaikan bahwa dengan memanfaatkan lahan pekarangan semaksimal mungkin dengan sistem hidroponik dapat meningkatkan kesehatan rumah tangga dikarenakan pupuk yang digunakan berasal dari bahan organik dan tanpa penggunaan pestisida, bahkan hasil dari produksi dapat dijual dipasar dengan harga yang berbeda, dibuktikan dengan menggeluti sistem hidroponik dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga bahkan menyekolahkan anak kejenjang lebih tinggi.

Warga sendiri melihat dan merasakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk dikembangkan di pekarangan rumah tangga masing masing, mereka berharap untuk kedepannya dapat membudidaykan tanaman secara hidroponik dengan mudah dan murah. “Kami sangat berterima kasih kepada universitas asahan dan dinas pertanian khususnya juga kepada bapak lurah, karena sudah memfasilitasi pelatihan hidroponik ini dan semoga kegiatan ini bermanfaat dan dapat berlangsung terus menerus” ujar ibu elvi khairina perwakilan PKK desa tegal sari.

Ketua PKK Isna sari “juga mengungkapkan apresiassinya kepada Fakultas Pertanian Universitas Asahan dan Dinas Pertanian Kabupaten Asahan. “semoga warga dapat memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk dapat memanfaatkan lahan pekarangan ditanami tanaman dengan sistem hidroponik” guna membantu kepala keluarga dalam menambah pendapatan rumah tangga, ujar isna.

Bapak M. Ibnu afani selaku Lurah Tegal Sari juga berharap kepada masyarakat mampu untuk mengembangkan hidroponik, sehingga dapat meningkatkan perekonomian rumah tangga melalui program hidroponik yang dikerjakan oleh warga tegal sari sendiri dan kegiatan ini harus terus berkelanjutan hingga panen dan sangat berharap kepada fakultas pertanian beserta dinas pertanian terus membantu warga kelurahan tegal sari dalam mengembangkan pertanian yang berwawasan lingkungan melalui konsep Hidroponik.

Terpisah, Dekan Fakultas Pertanian” Safruddin, SP. M.MA mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Lurah Tegal Sari dalam pemanfaatan lahan pekarangan yang semaksimal mungkin dalam budidaya tanaman secara hidroponik,  Safruddin juga mengatakan, bahwasannya fakultas pertanian siap membantu masyarakat Asahan dan Kabupaten lainnya, dalam mengembangkan potensi desa dalam bidang pertanian dan perikanan. (HUMAS UNA).