MAHASISWA FAPERTA UNA STUDI BANDING KE SUMATERA BARAT

               Kisaran-Fakultas Pertanian Universitas Asahan (Faperta UNA) Program Studi Agroteknologi melaksanakan Filed Trip dan studi banding ke Fakultas Pertanian Ekasakti Padang, Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu) dan Kebun Percobaan Laing Solok Provinsi Sumatera Barat 29 September s/d 03 Oktober 2019.

         Dekan Fakultas Pertanian Universitas Asahan Safruddin, SP, M.MA, menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan kegiatan wajib bagi Mahasiswa dalam rangka menjawab kebutuhan skill dalam implementasi standard kurikulum Perguruan Tinggi (PT) berbasis KKNI.

            Deskripsi kualifikasi KKNI terdiri atas Science, Knowledge, Knowhow, dan Skill. Dimana proses field trip ini merupakan bagian dari learning outcome berupa knowhow (pengetahuan praktis)/pengalaman praktis yang akan di dapat mahasiswa sesuai baku mutu yang diberikan.

          Sebagai contoh kita bawa ke Balitbu Solok karena di sana salah satunya proses pembibitan tanaman salak dengan 15 varietas yang mana Faperta UNA berkewajiban menumbuhkan kembali pendapatan petani salak di Air Joman Kab. Asahan yang telah mati suri di karenakan kurang keterampilan budidaya agribisnis padahal pasar ekspor berpeluang besar ke negara jiran yang sekarang full di isi salak dari Tapsel melalui pelabuhan wilayah perairan Asahan. (HUMAS UNA).