PKKMB 2019, UNIVERSITAS ASAHAN SAMBUT 925 MAHASISWA BARU

PKKMB 2019, UNIVERSITAS ASAHAN SAMBUT 925 MAHASISWA BARU

          KISARAN-sebanyak 925 Mahasiswa/i Baru (Maba) Universitas Asahan (UNA) mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) TA 2019/2020 di Universitas Asahan, Kamis (12/9).

          PKKMB ditandai dengan pemakaian jas almamater berwarna kuning kepada perwakilan mahasiswa oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Tri Harsono, M.Si. “Ini adalah acara dimulainya perkuliahan. Kalian diterima secara resmi sebagai mahasiswa UNA. Pengenaan jas almamater adalah tanda bagian dari UNA. Kita ingin kalian cepat menyesuaikan diri sehingga bisa berjalan bersama mencapai cita-cita luhur bersama,” kata Tri Harsono di Kampus UNA Jalan Jend. A. Yani Kisaran.

         Menurutnya, di era Milenial ini para mahasiswa harus  bisa memanfaatkan sebaik mungkin segala informasi untuk menambah ilmu, sehingga cita-cita lulus kuliah tepat waktu dan berprestasi bisa tercapai.

          “Ya seandainya selesai delapan semester, maka Juni 2023 kalian semua bisa hadir bersama menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Universitas dengan mengenakan baju wisuda,” kata Tri Harsono disambut aamiin oleh semua mahasiswa baru.

          “Ada lima fakultas di kampus ini yaitu Fakultas Teknik, Pertanian, Ekonomi, Hukum, serta Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Prodi ada 11, 10 prodi dan institusi sudah terakreditasi B dan 1 Prodi Teknik Informatika sedang dalam Re-akreditasi dari A ke B,” terang Tri Harsono.

         Sementara itu, Ir. Ansoruddin Harahap, M.P selaku Ketua Pelaksana PKKMB UNA mengungkapkan selama tiga hari mahasiswa angkatan 2019/2020 tersebut akan menjalani serangkaian kegiatan mulai tingkat universitas hingga fakultas. Selain sosialisasi tentang hak dan kewajiban akademik dan non akademik para maba juga diajak berpikir sekaligus mengurai tantangan yang akan dihadapi kedepan.

          “Tantangan yang dihadapi teman-teman maba ini sekarang ada di Revolusi industri 4.0 dan digitalisasi dimana mutlak penguasaan bahasa dan teknologi. Dalam PKKMB empat hari ini semua akan diulas dengan harapan mereka siap menghadapi tantangan kedepan,” ungkap Ansoruddin di sela acara.

      Ke depannya, kami berharap mahasiswa yang dihasilkan akan mampu mandiri, lebih-lebih mampu berwirausaha. Tapi yang paling penting adalah menjadi insan yang berkarakter, mampu memberikan kemaslahatan bagi masyarakat dimanapun berada dan juga bagi Nusa dan Bangsa.

       Hari pertama PKKMB diisi kuliah umum bertema Implementasi bela negara dan cinta tanah air bagi mahasiswa dengan narasumber Kapten Inf. Zulfan selaku Danramil, Lettu. Inf. Af. Lubis dari Kodim 126KC/Asahan, AKP. M. Noor, SH selaku Kasat Bimas Polres Asahan serta AKP. Khalis Alfan, SH selaku Kasat Intel Polres Asahan. (Humas UNA).