MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ASAHAN KUASAI KETERAMPILAN KONTRAK

               KISARAN (23/8) – Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Asahan (UNA) dibekali dengan ilmu penguasaan kontrak. Hal itulah yang mendorong dilaksanakannya diklat dan uji kompetensi perancang kontrak, kompetensi para legal mahasiswa di Fakultas Hukum Universitas Asahan.

                        Dekan Fakultas Hukum Bahmid, SH, M.Kn mengatakan, adapun maksud dan tujuan dilaksanakan uji kompetensi perancang kontrak ini untuk memenuhi ketentuan Calon Lulusan Sarjana dalam memiliki Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2018 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Tata Cara Penulisan Gelar di Perguruan Tinggi.

                        “SKPI adalah dokumen yang memuat informasi tentang pemenuhan Kompetensi Lulusan dalam suatu Program Pendidikan Tinggi. Dalam hal ini, untuk meningkatkan mutu dan sumber daya lulusan kami senantiasa memberikan pembekalan dan pelatihan kompetensi kepada mahasiswa seperti diklat perancang kontrak ini,” ujar Bahmid.

                        Perancang Kontrak merupakan salah satu penambah keterampilan mahasiswa sebelum menyandang gelar sarjana S1. Fakultas Hukum UNA mengundang akademisi dan praktisi hukum dibidangnya untuk menjadi pemateri dalam mengisi kebutuhan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) bagi setiap calon sarjana S1, sesuai peraturan menteri harus dilengkapi keterampilan, dibidang masing-masing.

                          Kegiatan yang terlaksana pada tanggal 23-24 Agustus 2019 berlangsung di Aula Fakultas Hukum UNA diantara beberapa pemateri yang menjadi Narasumber adalah Dr. Mahmud Mulyadi, SH, M.Hum (Dosen USU Medan) dengan judul materi “Teknik Legal Opinion”, Narasumber kedua Prof. Dr. Hasyim Purba, SH, M.Hum (Dosen USU Medan) dengan judul materi “Perjanjian Elektronik Sebagai Alat Bukti Perjanjian”, Prof. Dr. Edy Lisdiyono, SH, M.Hum (Dosen UNTAG Semarang) dengan judul materi “Teknik Bedah Perkara dan Persiapan Pembuktian dipengadilan”.

                     Kemudian beberapa praktisi diantaranya Zulpadli, SH, M.Kn (Praktisi Hukum dari Jambi), Dianti Novita Marwa, SH dengan judul materi “Teknik Wawancara Klien”, May Susan, SH, M.Kn dengan judul materi “Teknik Merancang dan Analisis Kontrak”, Siswaty Tarigan, SH, M.Kn dengan judul materi “Praktik Penyusunan Komparisi Dalam Kontrak dan Berbagai Aspek”, Zulkifli, SH dengan judul materi “Membuat Somasi”. (Humas UNA)