DOSEN UNA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TINGKATKAN KEMAMPUAN GURU BERBASIS TIK

DOSEN UNA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

TINGKATKAN KEMAMPUAN GURU BERBASIS TIK

            Asahan- Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Asahan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMA Negeri 2 Tanjungbalai tema “Pelatihan Peningkatan Kemampuan Guru dengan (E-Modul dan Camtasia Video)” yang dananya berasal dari Hibah Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) Tahun 2019.

            Kegiatan ini merupakan sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dimana sasaran kegiatan pengabdian masyarakat Dosen FKIP UNA adalah para Guru SMA Negeri 2 Tanjungbalai. Adapun kegiatan yang sebelumnya dilaksanakan pada tanggal 29 April – 2 Mei 2019 kemarin itu, dilakukan oleh dosen FKIP UNA diantaranya Susi Masniari Nasution, S.S., M.Si (Dosen Pendidikan Bahasa Inggris), Dian Anggraini Harahap, S.Pd.I., M.Hum (Dosen Pendidikan Bahasa Inggris), Wan Nurul Atikah Nasution, S.Pd., M.Pd (Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia).

            Dalam kesempatan itu, para dosen memberikan pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikaqsi (TIK) yaitu pembuatan elektronik modul dan Camtasia Video sehingga dapat meningkatkan kemampuan guru.

            Elektronik Modul adalah materi pembelajaran yang disajikan secara elektronik, sedangkan Camtasia Video adalah sebuah studio video yang berisi beberapa konversi mengedit, merekam, dan menangkap alat untuk desain profesional video, demo dan presentasi.

            Pada kegiatan ini, para dosen memberikan pelatihan selama 3 hari yang diikuti oleh 40 orang guru peserta. Hari pertama, dosen FKIP UNA sebagai Narasumber memberikan materi kemampuan guru berbasis TIK, serta gambaran pembuatan e-modul dan camtasia video.

            Hari kedua, guru-guru mrlakukan perubahan e-modul dan camtasia video berdasarkan bidang studinya masing-masing. Dan hari ketiga, guru-guru mengumpulkan hasil e-modul dan camtasia video.

            Salah satu guru yang mengikuti pelatihan, Iwan Efendi Sinaga, S.Pd mengatakan dirinya sangat terbantu dengan adanya pelatihan ini sehingga dapat menambah metode/cara penyampaian pembelajaran kepada peserta didik dan dapat dibawa kemana saja melalui handphone android yang dimiliki masing-masing peserta.

            Senada dikatakan oleh Kepala SMA Negeri 2 Tanjungbalai , Drs. Mula Simanjuntak. Ia mengharapkan usai pengabdian kepada masyarakat dosen FKIP UNA, guru-guru disekolahnya menjadi semakin profesional dengan menguasai TIK agar tidak ketinggalan zaman. (Humas UNA).