Rektor UNA Berangkatkan Peserta Magang/Praktik Industri Ratusan Mahasiswa FE UNA Menimba Ilmu Di Dunia Kerja

Rektor UNA Berangkatkan Peserta Magang/Praktik Industri

Ratusan Mahasiswa FE UNA Menimba Ilmu Di Dunia Kerja

 

Kisaran, (UNA)- Ratusan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Asahan (UNA) mengikuti kegiatan Magang/Praktik Industri di sejumlah perusahaan, instansi pemerintah maupun swasta di beberapa kabupaten dan kota di Sumatera Utara, dalam konteks menimba ilmu di dunia kerja.

          Sebelum mengikuti Magang/Praktik Industri peserta terlebih dahulu mendapatkan pelatihan keterampilan mengoperasionalkan program komputer terkait kebutuhan standar di lingkungan kerja, bahkan mereka juga mendapat pembekalan softskil tentang etika serta kiat sukses mengikuti Magang/Praktik Industri.

          Rektor Universitas Asahan, Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si dalam acara pemberangkatan  peserta Magang/Praktik Industri Fakultas Ekonomi Tahun 2019, Jumat (26/7) di Kampus UNA mengatakan, kegiatan Magang/Praktik Industri yang diikuti mahasiswa FE UNA memiliki arti penting terhadap kualitas lulusan, sebab selain dapat mengaktualisasikan teori yang diperoleh di perkuliahan, mahasiswa sebagai peserta  juga mendapatkan pengalaman langsung di dunia kerja sebenarnya.

          “Sudah saatnya lulusan Fakultas Ekonomi UNA memiliki kompetensi, agar nantinya mampu bersaing mendapatkan peluang di dunia kerja, lulusan yang memiliki kompetensi lah yang memiliki peluang tersebut sesuai tuntutan kebutuhan kerja saat ini”, ujar Rektor UNA.

          Lebih lanjut kata rektor, peserta magang diimbau untuk tetap menjaga nama baik almamater selama mengikuti Magang/Praktik Industri, sebab cerminan baik dari peserta akan memiliki pengaruh positif terhadap  eksistensi Universitas Asahan di mata stake holder maupun masyarakat secara luas.

          “ Keterampilan dan kemampuan  termasuk sikap serta prilaku baik yang dimiliki peserta selama mengikuti Magang/Praktik Industri akan memberikan nilai positif terhadap promosi Universitas Asahan di mata masyarakat, untuk itu mahasiswa harus dapat mengikuti serta mematuhi segala ketentuan yang telah digariskan”, pesan Rektor UNA.

          Pada kesempatan sebelumnya, Ketua Panitia Magang/Praktik Industri Fakultas Ekonomi UNA tahun 2019, Aris Siregar,SE,MM didampingi Sekretaris,,Drs Dailami, M.I.Kom serta segenap unsur panitia Drs. Edy Pangidoan Siregar,M.Si, Zulfa Khairina Batubara,SE,M.Si, Hilmiatus Sahla, S.E.I,M.E.I, Ansahari Putra,SE,MM  dan Heri Prasuhanda Manurung,S.AB,M.Si dalam laporannya menyampaikan, kegiatan magang/Praktik Industri  yang tertuang dalam kurikulum ini berlangsung selama dua bulan ini terhitung  sejak tanggal 1 Agustus hingga 30 September 2019  diikuti sebanyak 172 peserta berasal dari Program Studi Manajemen dan Program Studi Ekonomi Pembangunan.

          Magang/Praktik Industri ini, kata Aris Siregar dilaksanakan dengan pola mandiri berlangsung di Kabupaten Asahan, Kabupaten Batubara, Kabupaten,Simalungun, Kabupaten Labura, Kota Tanjungbalai serta Kota Medan. Para peserta diharuskan menjalani  keseluruhan program kegiatan sesuai pedoman yang tertuang dalam Buku Panduan Magang/Praktik Industri, termasuk diakhir kegiatan peserta diharuskan membuat laporan individu.

          “Mengingat kegiatan ini dilaksanakan untuk pertama kalinya, tidak tertutup kemungkinan   berbagai kendala bakal ditemui, sehingga panitia akan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaannya demi perbaikan ke depannya”, ujar Aris Siregar yang juga menjabat Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ekonomi UNA.