Pembekalan & Pelepasan Mahasiswa PKL Fakultas Pertanian Universitas Asahan TA. 2018/ 2019

Pembekalan & Pelepasan Mahasiswa PKL Fakultas Pertanian Universitas Asahan TA. 2018/ 2019

 

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Asahan (Safruddin, SP, MMA) memberikan pengarahan sekaligus pelepasan mahasiswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) di aula FP-UNA (27/07/2019).

Safruddin dalam arahannya memyampaikan bahwa memasuki dunia kerja yang sangat kompetitif sekarang ini, mahasiswa dituntut tidak hanya mempunyai kecerdasan intelektual yang didapat dari kampus semata, akan tetapi mahasiswa juga harus mempunyai kemampuan dasar. Tiga pokok kemampuan dasar yang harus dimiliki mahasiswa untuk dapat bersaing dengan yang lain adalah Knowledge yaitu pengetahuan yang luas agar dalam kehidupan sehari-hari tidak mudah dibodohi dan dibelokkan sehingga akan menimbulkan kerugian baik materiil maupun spiritual dalam diri sendiri. Skill yaitu keterampilan atau keahlian khusus sehingga mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan yang lain. Attitude yaitu sikap atau kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain sehigga dapat diteladani sekaligus disegani.

 

Dari ketiga hal tersebut, tidak semuanya dapat diperoleh dari bangku perkuliahan, maka Praktek Kerja Lapangan (PKL) diharapkan dapat menjadi salah satu sarana untuk memperoleh tambahan knowledge, Skill dan Attitude yang lebih komprehensif, sehingga terbentuk sumber daya manusia yang berkualitas, terampil, profesional, dan berwawasan luas.

Ketua Panitia PKL (Rita Mawarni CH, SP, MP) dalam sambutannya menyampaikan bahwa instansi yg menjadi tempat PKL mahasiswa yaitu PT. BSP Kisaran, PT. Warisan Telma, PT. Scofindo, PT.  Asian Agri dan Balai Penyuluhan Kab. Batu Bara. PKL ini akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juli s/d 31 Agustus 2019. Diharapkan dengan pendekatan secara langsung sesuai dengan bidang keahliannya serta ikut berperan aktif dalam dunia kerja yang sesungguhnya, maka PKL diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmunya baik teori maupun praktek yang telah diperoleh saat kuliah dalam praktek nyata di lapangan. Di samping itu PKL merupakan salah satu kegiatan akademik yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Asahan.