FKIP UNIVERSITAS ASAHAN Berikan Pembekalan Program Magang Pada Mahasiswa

 

FKIP UNIVERSITAS ASAHAN Berikan Pembekalan

Program Magang Pada Mahasiswa

 

Kisaran- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Asahan (UNA) memberikan pembekalan program magang 3 kepada 173 mahasiswa di Aula Fakultas setempat, Selasa (16/7).

 

              Pembekalan ini dibuka langsung Rektor Universitas Asahan Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si, dihadiri Dekan FKIP Universitas Asahan Dr. Elly Ezir, M.S beserta Wakil Dekan, dan Ketua Program Studi. Para mahasiswa yang berasal dari Semester VI (enam) ini diharuskan untuk menuntaskan pembekalan magang sebelum akhirnya dilepas untuk mengajar di sekolah relasi. Menurut Kepala Lembaga Pengembangan, Pengajaran dan Praktek Lapangan Hanina, S.Psi., M.Psi tujuan kegiatan pembekalan ini supaya mahasiswa tahu apa yang mereka lakukan disekolah mitra nanti. “Mereka dibekali program panduan magang, jadi mahasiswa nantinya tahu kapan observasi dan latihan terbimbing, RPP mengajar dan diuji.

        Dalam pembekalan ini, mental mahasiswa lebih disiapkan untuk menambah wawasan di lapangan”, ujarnya. Nantinya, para mahasiswa peserta magang akan dilepas pada tanggal 22 Juli hingga September 2019, pada 22 sekolah relasi di Wilayah Kabupaten Asahan, Batubara dan Kota Tanjungbalai. Sebelumnya mereka mengikuti dua program magang yakni program magang I terkait tentang pemantapan jati diri seorang pendidik. Sedangkan magang II terkait tentang pengembangan perangkat pembelajaran dibawah bimbingan guru pamong.

    Dekan FKIP Universitas Asahan Dr. Elly Ezir, M.S menambahkan, kegiatan program magang I dan II maupun III merupakan kegiatan kurikuler, yang sudah dirumuskan dalam kurikulum. Sehingga mau tidak mau harus tetap dilaksanakan. Dalam magang I dan magang II mempunyai beban 1 SKS, sedangkan untuk magang III memiliki beban 2 SKS. Hal ini terkait dengan pelaksanaan dilapangan, magang I dan II lebih cepat sekitar 1 minggu atau lebih. Sementara untuk magang III selama 4 minggu atau 1 bulan. “Kegiatan magang I, II dan III ini merupakan kegiatan akademik yang strategis”. Karena magang I, II dan III adalah kesempatan untuk mengembangkan jati diri pendidik, ujarnya.