Yayasan di Jepang Buka Peluang Penelitian Mahasiswa dan Dosen Universitas Asahan (UNA)

Yayasan di Jepang Buka Peluang Penelitian Mahasiswa dan Dosen

Universitas Asahan (UNA)

 

Kisaran, Universitas Asahan (UNA) menerima kunjungan Mr. Kenichi Hamaya sebagai Official Representative di Sumitomo Foundation Japan, salah seorang perwakilan Yayasan Non Pemerintah (NGO) dari Negara Jepang, Sabtu (13/7). Kunjungan ini terkait penjajakan tentang rencana kerjasama kedua belah pihak.

Rektor Universitas Asahan Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si mengatakan, momentum kerjasama ini sangat bagus untuk kampusnya yang disebut-sebut tengah berakselerasi untuk memajukan Universitas Asahan menjadi kampus terkemuka di Wilayah Pantai Timur Sumatera, setelah akreditasi Institusi Universitas Asahan kini meraih predikat B. Ia menyampaikan kebanggaannya terhadap semua pihak yang bisa dengan cepat menangkap peluang lewat kerjasama ini.

“Kerjasama ini bisa mendorong dengan cepat kualitas dosen maupun mahasiswa kita untuk mengembangkan penelitian dengan skala Internasional. Meningkatkan motivasi akademik dan sains mahasiswa di Universitas Asahan,” ujar Rektor Universitas Asahan Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si dalam sambutannya.

Dalam kesempatan ini Mr. Kenichi Hamaya selaku Official Representative di Sumitomo Foundation Japan membuka dialog interaktif bersama dosen dan mahasiswa Universitas Asahan di Aula Fakultas Hukum. Dalam kesempatannya, Mr. Kenichi Hamaya membeberkan semua terkait peluang kerjasama dan kolaborasi dalam hal penelitian antara Universitas Asahan dengan Sumitomo Foundation Japan.

Ia juga mengajak para dosen, laboran, dan mahasiswa Universitas Asahan untuk menulis proposal penelitian dan mengajukan ke Sumitomo Foundation Japan, untuk turut bersaing mendapat Research Grant yaitu dukungan dana penelitian.

Irwansyah, salah satu mahasiwa yang turut hadir dalam dialog tersebut menyambut baik atas pemamparan dan sosialisasi oleh Mr. Kenichi Hamaya. “Sebagai mahasiswa, kami sangat berbangga sekali kampus Universitas Asahan bisa mendatangkan peluang hibah penelitian ini dari luar negeri. Kami merasa terus dimotivasi untuk berprestasi dengan sumberdaya dan dukungan dari kampus Universitas Asahan,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Rektor Universitas Asahan Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si menyematkan cenderamata ulos kepada Mr. Kenichi Hamaya sebagai ucapan selamat datang. Kegiatan ini tidak hanya dihadiri para Dekan, Wakil Dekan, Dosen dan Mahasiswa juga antusias mengikuti acara.