AKHIRNYA INSTITUSI UNIVERSITAS ASAHAN AKREDITAS B

Akhirnya, UNA Raih Akreditasi Institusi B

Perjalanan panjang untuk membuktikan kualitas Universitas Asahan (UNA) berbuah manis. Pasalnya, UNA berhasil meraih predikat akreditasi institusi B melalui penilaian Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Hasil akreditasi ini merupakan penilaian Kedua kali sejak UNA berdiri pada tahun 1986. Rektor UNA, Prof. Ibnu Hajar, M.Si. menyambut baik atas diperolehnya penilaian tersebut.

“Kami memang bersungguh-sungguh dalam mengelola institusi yang merupakan amanah dari umat. Hasil akreditasi ini adalah salah satu bukti kesungguhan kami,” katanya, Rabu (10/4) pagi.

Wakil Rektor I, Dr. Tri Harsono, M.Si menambahkan, dengan adanya penilaian ini mampu membuktikan jika tata kelola yang kami jalankan sudah sesuai pada rel yang telah digariskan terkait dengan tata kelola perguruan tinggi.

“Logikanya, akreditasi institusi itu adalah kumpulan atau gabungan dari akreditasi-akreditasi program studi, hasilnya akreditasi institusi, karena hampir semua unsur yang dinilai pada akreditasi institusi sama. Karena itu kami berharap akreditasi institusi juga akan lebih baik, yang C menjadi B dan B menjadi A,” katanya berharap.

Jauh hari jelang penilaian akreditasi institusi, kata Dr. Tri Harsono, M.Si mengungkapkan, UNA memang sudah menyiapkan diri untuk dinilai. Karenanya, ketika tiga asesor dari BAN PT melakukan visitasi dan mengkonfirmasi dari borang yang telah diisi, civitas akademika UNA antusias menyambutnya.

“Apalagi dialog dan diskusi yang dilakukan para asesor BAN PT telah menyemangati kami untuk bekerja lebih giat lagi. Penilai dari BAN-PT ini telah memberikan semangat bagi para pengajar dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kinerjanya. Hasil akreditasi ini menjadi cambuk untuk lebih baik lagi. Kami akan mempertahankan dan berharap bisa meningkatkan prestasi ini,” kata Rektor UNA.

Menurut Rektor, penilaian akreditasi B dari BAN PT ini perlu disyukuri, karena diakuinya, terdapat beberapa tantangan yang dialami UNA untuk mendapatkan akreditasi tersebut. “Sistem manajemen dan tata kelola terus kami benahi untuk menggerakkan dan mewujudkan program-program visioner. Kami mengatasinya dengan melakukan penyempurnaan manajemen dan tata kelola yang efektif, efisien, produktif, dan akuntabel,” ungkapnya.