PENUTUPAN KULIAH KERJA NYATA (KKN) TEMATI DAN TERPADU

Kampus Universitas Asahan Gelar acara penjemputan Mahasiwa Kuliah Kerja Nyata Tematik & Terpadu Universitas Asahan tahun 2019 di beberapa tempat yang menjadi lokasi pelaksanaan KKN. Mengakhiri kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik dan Terpadu, pada hari Senin 4 Maret 2019 dilakukan penutupan kegiatan dimaksud yang terselenggara di 4 wilayah pada Kabupaten Batu Bara dan Kabupaten Simalungun.

Mewakili Camat Sei Suka pada penutupan kegiatan tersebut, Sekretaris Camat Sei Suka memberikan sambutan. Dalam sambutannya, atas nama masyarakat Kecamatan Sei Suka mengucapkan terimakasih kepada Universitas Asahan atas Kuliah Kerja Nyata ini yang  melalui  mahasiswa  Universitas  Asahan  mampu  mendorong  cita-cita  mereka dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Beliau berharap daerah ini terpilih lagi menjadi lokasi KKN pada tahun berikutnya.

Partisipasi aktif warga dan pejabat pemerintah sangat dirasakan oleh para mahasiswa peserta KKN yang berkontribusi dalam pelaksanaan setiap program kerja KKN yang mereka rancang. Hal ini diungkapkan oleh M. Ridwan Arif (salahsatu peserta KKN) dalam sambutannya, Ridwan mewakili kawan-kawan peserta lainnya merasa sangat senang bisa ikut KKN yang terlaksana selama 1 bulan lamanya. Dengan peran aktif masyarakat terhadap kegiatan ini para peserta kegiatan merasa fungsi mereka sebagai agen of change berjalan dengan baik, transfer of knowledge yang dilakukan para peserta kegiatan mampu membawa perubahan baru dalam hal peningkatan ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya sehingga terwujud public welfare sesuai dengan yang diharapkan oleh pemerintah setempat.

 

Hal yang sama dirasakan oleh Camat Sei Suka yang dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya kepada seluruh  Civitas Academica Universitas Asahan atas terselenggaranya Kuliah Kerja Nyata yg sudah dilaksanakan selama 1 bulan penuh sebagai bentuk pengabdian terhadap warga-warga kecamatan kami.  Beliau  berharap  mahasiswa  UNA  agar  terus  mampu  memberikan  ilmunya kepada masyarakat lainnya, tidak hanya sampai di kehidupan kampus saja namun bisa bersama-sama mengambil hal-hal positif kemudian diamalkan dalam kehidupan.

Rektor Universitas Asahan yg diwakili Wakil Rektor 2 Drs. Zulkifli Simatupang, M.Pd. dalam acara Penjemputan Mahasiswa KKN Universitas Asahan tahun 2019 ini memberikan sambutannya :

Revolusi Industri 4.0 menuntut perubahan pembelajaran di perguruan tinggi. Melalui akselerasi perubahan menuju UNA unggul menyelenggarakan KKN tematik dan terpadu. Teaching factory yang diterapkan di kampus diharapkan dapat dijadikan kegiatan pengabdian masyarakat (Community Development) oleh dosen dan mahasiswa. KKN merupakan kegiatan pengabdian kpd masyarakat yg diselenggarakan oleh mahasiswa diharapkan dapat dijadikan pengalaman mahasiswa menerapkan ilmunya utk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Memberikan penguatan pada potensi desa agar lebih aktif meningkatkan pendapatan dan pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat. Kerjasama UNA dan pemerintah kecamatan dan desa, menjadi faktor pendukung penting kesuksesan KKN tersebut. Terimakasih atas bantuan dan kerjasama yg baik yang telah diberikan oleh pemerintah dan masyarakat atas penyelenggaraan KKN UNA Tahun 2019.