UNA TAMPIL DI PEKAN PENDIDIKAN TINGGI SUMATERA 2019

Asahan- Universitas Asahan (UNA) ikut ambil bagian dalam Pekan Pendidikan Tinggi Sumatera 2019 yang digelar pada tanggal 19-21 Februari 2019 di Ring Road Citi Walk Medan, Sumatera Utara. Pada Pameran kali ini Universitas Asahan Mengusung Tema Merangkak dari daerah. dengan desain stand yang sangat sederhana yang menggantungkan Jagung unik berwarna ungu kombinasi putih dan jagung warna coklat. Desain Stand yang nyentrik dan unik ini menjadi ciri khas tersendiri. sempat kami ditanya ini jagung asli, bukan jagung yang dicat, kami pun menjelaskan ini jagung hasil silangan yang dilakukan Dosen dan Mahasiswa pertanian Universitas Asahan dan jagung ini cocok untuk penderita diabetes.

 

Berbagai hasil Inovasi UNA di tampilkan seperti kultur jaringan anggrek yang langka, kultur jaringan kentang bebas virus, jagung pulut, paka ikan sintetik dan alami, softcandy salak,prebiotik ikan, zeabrowyoughurt, berbagai hewan aquatic yang berhasil didomestikasi dari perairan Kabupaten Asahan diantaranya udang galah, lobster air tawar, ikan gabus, ikan betok (Betik).

Kegitan ini kali ini juga sebagai ajang pembelajaran bagi para mahasiswa Universitas Asahan. sebut saja Muhammad Hakimi, Mahasiswa jurusan Budidaya Perairan dan lisa Hartati Mahasiswi FKIP. ” Pada even ini kami berdua merasa tertantang. pertama kami malu karena kami satu – satunya peserta asal Sumatera Utara diluar Medan. Yang lain Universitas terkenal dan beberapa ada yang dari Pulau Jawa. Mereka memamerkan alat-alat canggih dan foto – foto juga video kegitan yang keren. Namun kami terus diberi semangat oleh Rektor Universitas Asahan bahwa yang kami tampilkan ini karya kami sendiri” kata kedua mahasiswa itu. Senada dikatakan Asep Rohardiansyah, Dosen UNA sekaligus Innovator yang karyanya banyak dipamerkan mengaku bangga di tengah keterbatasan dan kesederhanaan  bisa menampilkan pameran hasil karya sendiri tidak hanya sebatas kertas dan brosur. ” kami ingin berbagi wawasan. sehingga bisa saling berdiskusi untuk saling melengkapi, syukur – syukur inovasi yang kami bawa bisa menginspirasi para pengunjung”