Mahasiswa UNA Ikuti ONMIPA-PT Tingkat Nasional 2018

Kisaran, una.ac.id – Pelaksanaan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi  (ONMIPA-PT) tingkat nasional tahun 2018 di Universitas Muhamadiyah Malang telah selesai di selenggarakan. Acara yang dilaksanakan pada 4-7 Mei 2018 oleh Direktorat Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti ini diikuti peserta dari berbagai institusi seluruh Indonesia.

Bidang yang di perlombakan yaitu matematika, fisika, kimia dan biologi. Institut Teknologi Bandung  meraih juara umum dalam Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi  (ONMIPA-PT) tingkat nasional tahun 2018 di Universitas Muhamadiyah Malang, ITB membawa pulang tiga medali emas sekaligus untuk Bidang Matematika, Fisika dan Kimia. Sementara medali emas bidang Biologi diraih oleh Insitut Pertanian Bogor.

Sementara mahasiswa Universitas Asahan yaitu Agus Pranata berada di peringkat 52 dari 64 peserta. Agus Pranata merupakan perwakilan dari mahasiswa Universitas Asahan yang mengikuti ONMIPA bidang matematika. Hasil yang diraih tersebut sudah memberikan hasil yang terbaik kepada  universitas tetapi perlu diperbaiki kembali. Alhamdulilah, Agus Pranata masih ada di dalam kelompok finalis, tetap semangat dan akan kita perbaiki terus tahun depan, ungkap Dr. Tri Harsono, M.Si selaku Wakil Rektor I bidang akademik Universitas Asahan.

Sebelumnya Agus Pranata menjadi salah satu finalis pelaksanaan ONMIPA-PT tahun 2018 tingkat kopertis wilayah I-XIV yang telah diselenggarakan pada tanggal 21-22 Maret 2018 di 17 (tujuh belas) kota. Berdasarkan hasil penilaian tim juri menghasilkan finalis yang kemudian akan diundang sebanyak 256 mahasiswa (64 mahasiswa per bidang) pada ONMIPA tingkat nasional.