Kunjungan SMAN 1 Meranti : Eduwisata Prodi Agroteknologi Universitas Asahan

Program studi Agroteknologi Univesitas Asahan terus melakukan inovasi dalam meningkatkan minat belajar anak muda di Kabupaten Asahan dan sekitarnya. Setelah berhasil melakukan revitalisasi laboratorium Bioteknologi tanaman sehingga praktikum dan penelitian sukses dilaksanankan. Kini kegiatan tersebut berkembang menjadi suatu sarana dalam membagi ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat disekitar kampus, terutama para siswa SMA. Kegiatan tersebut bertajuk Eduwisata. Yaitu wisata edukasi yang mana menyediakan wahana wisata sambil belajar. Kegiatan tersebut berhasil memikat para siswa SMA, salah satunya SMAN 1 Meranti Kabupaten Asahan,. Para siswa diajak untuk berkenalan dengan teknologi kultur jaringan tanaman, mereka sangat antusias mendengarkan pemaparan tentang kultur jaringan dari pemateri selain itu mereka lebih antusias dengan memprakteka teknik perbanyakan kentang secara kultur jaringan.


Kegiatan perdana Eduwisata di Universitas Asahan itu langsung disambut oleh Rektor Universitas Asahan, dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan motivasi supaya para siswa SMA mempunyai cita-cita unuk mengembangkan dan memajukan bioteknologi di Kabupaten Asahan. Universitas Asahan siap memfasilitasi mereka untuk menimba ilmu bioteknologi tanaman dengan fasilitas yang representatif.


Salah satu guru pendamping SMAN 1 Meranti, Ibu Sri Kurniati Damanik, S.Pd mengatakan, bahwa kegiatan eduwisata Bioteknologi Tanaman ini sangat bermanfaat bagi para siswa, mereka lebih bersemangat dalam mempelajari IPTEK yang berhubungan dengan mata pelajaran Biologi, sehingga wawasan para siswa lebih berkembang dan diharapkan termotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.


Kegiatan eduwisata ini akan terus dikembangkan dengan menambah wahana-wahana lain yang memiliki nilai edukasi yang tinggi. Diharapkan kegiatan tersebut bisa memperkenalkan Universitas Asahan kepada para siswa SMA, dengan kata lain kegiatan Eduwisata merupakan kegiatan sosialisasi dan Promosi Universitas Asahan dengan cara kreatif dan produktif sehingga bisa mengefektifkan penggunaan anggaran dan tepat sasaran. Kegiatan tersebut didukung pula dengan promosi langsung oleh mahasiwa ke sekolah-sekolah di kabupaten Asahan dan mendapatkan respon positif dari sekolah yang didatangi.