UNA Berangkatkan Mahasiswa KKN Tematik Terpadu

Kisaran, una.ac.id – Universitas Asahan memberangkatkan sebanyak 578 orang mahasiswa nya dalam kegiatan KKN Tematik Terpadu . Acara pelepasan di laksanakan di kampus Universitas Asahan pada 26 Februari 2018. Kegiatan KKN-TT dilaksanakan selama satu bulan dari 26 Februari – 26 maret 2018 yang tersebar ke dalam 3 Kabupaten yaitu Asahan, Batu Bara dan Labuhan Batu Utara.

Untuk Kabupaten Labuhan Batu Utara, penyerahan dilakukan oleh Rektor Universitas Asahan Prof. Ibnu Hajar, M.Si didampingi Wakil rektor III Ir. Ansoruddin, M.P dan Ketua LPM H. Abdul Rahman, S.E, M.Pd, M.Si di aula kantor Bupati Labuhan Batu Utara dan diterima langsung oleh Wakil Bupati Labura Drs. Dwi Prantara,MM. Selain agenda penyerahan mahasiswa KKN, Rektor Universitas Asahan juga mengadakan MOU dengan Pemkab Labura yaitu berupa pengiriman mahasiswa di universitas itu dengan biaya Dana Desa. Di kabupaten Labura pelaksanaan KKN-TT tersebar ke dalam 8 kecamatan yang terdiri dari 15 desa.

Untuk Kabupaten Batu Bara, penyerahan dilakukan oleh Wakil Rektor II UNA Drs. Zulkifli Simatupang, M.Pd di halaman kantor Kecamatan Lima Puluh dan diterima langsung oleh Camat Lima Puluh Drs Darmansyah. Di kabupaten Abatu Bara pelaksanaan KKN-TT tersebar ke dalam 1 kecamatan yaitu kecamatan Lima Puluh yang terdiri dari 15 desa.

Sedangkan Kabupaten Asahan, penyerahan dilakukan oleh Wakil Rektor I UNA Dr. Tri Harsono, M.Si di halaman kantor kecamatan Pulau Rakyat. Acara penyerahan diterima oleh Camat Pulau Rakyat Alinuddin Marpaung yang juga merupakan alumni Universitas Asahan Fakultas Hukum, Camat Rahuning Syahputra, SE, MM alumni Universitas Asahan fakultas Ekonomi , Camat Aek Kuasan Aspian yang diwakilkan oleh Sekretaris Camat dimana camatnya juga merupakan alumni Universitas Asahan. Acara KKN ini juga dihadiri oleh seluruh kepala desa di 3 kecamatan yang desanya dijadikan lokasi KKN mahasiswa UNA. Di kabupaten Asahan pelaksanaan KKN-TT tersebar ke dalam 3 kecamatan yaitu Pulau Rakyat, Aek Kuasan dan Rahuning yang terdiri dari 15 desa.

Penyelenggaraan KKN merupakan komitmen Universitas Asahan menuju akselerasi perubahan menuju Universitas Asahan unggul  dalam pelaksanaan dharma pengabdian kepada masyarakat dan manifestasi bahwa Universitas Asahan bukan merupakan menara gading bagi masyarakat. Dan bagi mahasiswa, KKN memberikan kesempatan pengalaman hidup ditengah masyarakat untuk memahami dan menghayati kompleksitas permasalahan hidup, belajar merumuskan pilihan cara pemecahannya dan belajar mendampingi upaya peningkatan kualitas kehidupan masyarakat.