Kunjungan UNA Ke SMK Negeri 1 Tanjung Balai

Tanjung Balai, una.ac.id – Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Asahan, Dr. Tri Harsono, M.Si melakukan kunjungan kerjasama ke SMKN 1 Tanjungbalai pada  12 Februari 2018. Dalam kesempatan ini WR 1 UNA didampingi oleh pakar Bioteknologi UNA Asep Rodiansyah, S.P., M.Si dan Agus Salim S.E serta Muhammad Rizwan, S.Pi.

Dr. Tri Harsono, M.Si di daulat menjadi Pembina Upacara dalam apel bendera yang dilaksanakan hari senin pada saat kunjungan ke SMK Negeri 1 Tanjungbalai. Dalam pidato arahannya, WR 1 UNA mengajak semua siswa calon penerus kaderisasi anak bangsa untuk belajar tekun dan mampu berkarya terutama dibidang perikanan. SMK Negeri 1 Tanjungbalai merupakan SMK yang berbasis perikanan. Disambut oleh Ibu Wakil Kepala Sekolah Ibu Ivo Kemalayani Sinaga, S.Pi. Wakil Rektor bidang Akademik UNA juga menyerahkan sejumlah benih ikan hasil pemijahan mahasiswa Budidaya Perairan UNA yang dipandu oleh dosen Agung Setia Abadi, S.Pi, M Si.

Dalam kesempatan ini Dr. Tri Harsono, M Si menjelaskan tentang kondisi UNA yang kini terdiri dari 11 Prodi dan sudah 10 Prodi terakreditasi B.  Salah satu diantaranya adalah Prodi Budidaya Perairan yang terkonsentrasi pada Perikanan. Prodi Budidaya Perairan yang dipimpin oleh Ka.Prodi. Dian Puspitasari, S.Pi, M Si alumni Universitas Diponegoro Semarang ini sudah berhasil melakukan pemijahan pada beberapa jenis ikan Pantai Timur Sumatera seperti Lele, Betok, Ikan Mas, Nila dan terus akan berupaya mengembangkan jenis jenis ikan lain yang sudah mengalami erosi genetika seperti ikan Tor SP (Jurung), ikan pora-pora, ikan belida (putak), ikan cen-cen. Kedepannya WR 1 UNA ini terus berupaya agar UNA akan menjadi sentral pengadaan benih ikan air tawar di kawasan Sumatera Pantai Timur. Tentunya dengan berbagai persiapan dan kerjasama dengan berbagai pihak agar mimpi ini terwujud, salah satunya adalah dengan adanya kerjasama antara Universitas Asahan dengan SMKN 1 Tanjung Balai. Dalam diskusinya dengan pakar Biotek (Asep Rodiansah) dicapai beberapa kesepakatan untuk melakukan penelitian bersama antara UNA dan SMKN 1 Tanjungbalai yang berkaitan dengan Proses Teknologi Pengolahan Ikan.